Pengertian Retensi Karyawan, Tujuan, Faktor & Cara Mengelola
Definisi loyalitas karyawan
Mendefinisikan retensi karyawan, atau retensi karyawan, adalah persyaratan yang harus dipenuhi perusahaan untuk mempertahankan sumber daya manusia (SDM) terbaiknya.
Retensi karyawan diartikan sebagai bentuk atau cara mempertahankan karyawan di perusahaan.
Pengertian retensi karyawan adalah upaya untuk mempertahankan karyawan sebagai ahli kunci dalam suatu perusahaan.
Pengertian loyalitas karyawan menurut pendapat ahli
Untuk mempelajari lebih lanjut tentang retensi karyawan, kita dapat merujuk pada beberapa pendapat dari para ahli tentang retensi karyawan sebagai berikut:
Loyalitas karyawan menurut Karthi (2012)
Definisi retensi adalah proses di mana karyawan didorong untuk tetap bersama organisasi sampai proyek selesai atau dalam jumlah waktu maksimum.
Loyalitas karyawan menurut Ragupathi (2013)
Mendefinisikan retensi karyawan adalah salah satu teknik yang dapat digunakan manajemen untuk mempertahankan karyawan dalam suatu organisasi untuk jangka waktu yang lama.
Loyalitas karyawan menurut Susilo (2013)
Pengertian retensi karyawan merupakan upaya mempertahankan calon karyawan agar tetap loyal kepada perusahaan.
Loyalitas karyawan menurut Mathis & Jackson (2006)
Pengertian retensi karyawan adalah upaya perusahaan untuk mempertahankan karyawannya agar tetap berada dalam organisasi, yang dimaksudkan untuk membantu mencapai tujuan organisasi yang maksimal.
Tujuan retensi
Tujuan dari retensi ini adalah agar karyawan tersebut dapat bekerja di perusahaan atau organisasi dalam waktu yang lama. Ini karena perusahaan telah menginvestasikan uang dan waktu untuk merekrut atau merekrut orang.
Faktor yang mempengaruhi retensi karyawan
Mathis & Jackson menyatakan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi retensi karyawan antara lain:
Faktor organisasi.
Ketika perusahaan menunjukkan perilaku budaya yang positif dan manajemen organisasi yang baik, hal itu berdampak signifikan terhadap retensi karyawan.
Peluang karir organisasi.
Faktor-faktor yang mendasari hal ini adalah pelatihan perusahaan yang berkelanjutan, nasihat karir dan pengembangan lebih lanjut dari perencanaan karir karyawan di perusahaan tersebut.
Imbalan dan Retensi Karyawan.
Imbalan kompetitif dalam bentuk gaji, tunjangan, penghargaan kinerja atau bonus khusus, dll.
Desain tugas dan ketertiban.
Saat merancang tugas dan pekerjaan yang diberikan kepada karyawan, elemen individu tertentu dari karyawan perusahaan tentunya harus diperhitungkan. Proses peninjauan dan pemilihan karyawan sehingga karyawan dialihkan ke posisi atau departemen yang sesuai dengan ketentuannya.
Hubungan karyawan.
Perlakuan oleh rekan kerja di kantor juga berdampak besar pada retensi karyawan di suatu perusahaan.
Bagaimana mengelola retensi karyawan
Berikut cara mengelola retensi karyawan sebagai berikut:
- Temukan karyawan dengan cara yang efektif.
- Saat menawarkan kompensasi, tawarkan harga yang kompetitif.
- Tunjukkan kepada karyawan bahwa Anda menghargai perusahaan.
- Jelaskan bagaimana tangga perusahaan.
Demikian penjelasan mengenai pengertian retensi, tujuan, faktor dan manajemen dapat bermanfaat bagi anda yang telah diuraikan di atas. Terima kasih
Sumber :