7 Contoh News Item Text Singkat Terbaru Beserta Artinya

7 Contoh News Item Text Singkat Terbaru Beserta Artinya

7 Contoh Item Berita Teks Pendek Terbaru dan Maknanya

news-item-text

7 Contoh Teks Short News Item Terbaru Dan Artinya – News item text adalah salah satu teks bahasa Inggris yang berisi informasi tentang suatu peristiwa atau kejadian sehari-hari yang dianggap tepat dan penting untuk dijadikan sebuah berita. Dengan syarat, apakah berita tersebut layak atau layak untuk dikonsumsi oleh masyarakat umum. Untuk lebih jelasnya, perhatikan baik-baik tabel di bawah ini.

Bagaimana teman-teman SBI di rumah? Sudah paham dan kering dengan Pemahaman, Tujuan dan Genre Item Berita. Untuk memudahkan teman-teman SBI di rumah
Contoh teks berita pendek tentang banjir sebenarnya sama dengan teks berita pendek bahasa Inggris pada umumnya. Namun, ada beberapa hal yang perlu diketahui dalam menyusun sebuah contoh teks item berita, agar contoh tersebut dapat digunakan. Admin akan memberikan 7 contoh teks item berita. Semua contoh berita faktual yang terjadi di negara kita, Indonesia akhir-akhir ini. Langsung saja kita simak 7 Contoh Short News Item Text dan

Artinya di bawah ini.

Orang Yogyakarta menolak ‘sabda’ dan ‘dhawuh’ sultan (Teks 6)

Beberapa penduduk Yogyakarta telah mengomunikasikan ketidakpuasan pada sabda raja (proklamasi agung) dan dhawuh raja (permintaan termasyhur) almarhum Sultan Hamengku Bawono X, dengan mengatakan bahwa dia telah merusak konvensi mereka.
“Sultan harus memperhatikan sejarah, khususnya gelar Daerah Istimewa Yogyakarta dan akta kraton,” kata Subhan Nawawi, Ketua Laskar Santri, dan LSM Pemerintah Bantul, Selasa.
Sejak berdirinya keraton, penguasa selalu berjenis kelamin laki-laki karena dalam adat kerajaan Jawa berat (kualitas), benih (tempat lahir) dan bebet (pangkat), dihubungkan dengan silsilah laki-laki.
Subhan menambahkan bahwa sabda raja tanggal 30 April yang menyandang gelar “Raja Khalifahullah” akan mendapat tanggapan, terutama dari kalangan Muslim, dengan alasan bahwa benteng juga berperan penting dalam upaya keagamaan Islam, atau dakwah.
Jadi, katanya, selain penguasa, sultan adalah pelopor agama, atau imam, individu. “Seorang imam harus laki-laki,” seru Subhan.

Komunitas Nahdliyin Mataram juga menampik pilihan sultan dengan menggelar acara tirakatan kepada Tuhan Yang Maha Esa di Makam Senopati Panembahan Kotagede, Yogyakarta.
Pertemuan tersebut bertentangan dengan sabda raja dengan alasan bahwa gelar “Raja Abdurrahman Sayyidin Panatagama Khafilatullah” untuk sultan Yogyakarta cocok untuk pria dan merupakan bagian dari kebiasaan.
“Gelar tersebut merupakan konvensi, yang merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari keberadaan keraton Mataram,” kata fasilitator Komunitas Nahdliyin Mataram Muhammad Alfuniam, akrab disapa Kang Niam.
Kang Niam mencantumkan gelar tersebut sebagai bentuk pengakuan bahwa keraton Mataram Ngayogyakarta Hadiningrat merupakan penerus kerajaan Islam secara sosiologis, verifikatif dan mendalam.
“Kami juga akan menggelar tirakatan dan jamuan makan malam keraton Mataram Islam dan idealnya istana, khususnya sultan, tidak akan mengabaikan sejarah dan konvensi,” kata Kang Niam, Selasa.

Selain mengganti gelarnya, sultan juga mengganti gelar anak sulung dari kelima putrinya dengan gelar baru Gusti Kanjeng Ratu Mangkubumi Hamemayu Hayuning Bawono.
Saksi mata melihat bahwa pilihan sultan dibuat untuk membuka jalan bagi Mangkubumi untuk menjadi ahli waris sultan, karena ia tidak memiliki anak.

Meskipun bertentangan dengan penjelasan dan permintaan agung, di sisi lain, Subhan dan Kang Niam mengatakan semua hal yang terkait dengan perkembangan administrasi kastil adalah hak istimewa dari kediaman kerajaan saja.
“Kemajuan adalah masalah dalam kastil dan kami tidak akan ikut campur karena kami tidak memiliki hak istimewa,” kata Kang Niam.

Terjemahan dalam bahasa Indonesia:

Masyarakat Yogyakarta menolak ‘Sabda’ dan ‘dhawuh’ Sultan

Beberapa warga Yogyakarta telah menyatakan ketidakpuasannya dengan Sabda dan Dhawuh Sultan Hamengku Bawono X baru-baru ini, dengan mengatakan bahwa dia telah melanggar tradisi mereka.
“Sultan harus memperhatikan sejarah, terutama gelar Daerah Istimewa Yogyakarta dan tindakan keraton,” kata Subhan Nawawi, Komandan Laskar Santri Kabupaten Bantul, dan LSM, Selasa.
Sejak berdirinya keraton, penguasa selalu laki-laki karena dalam tradisi keraton Jawa, Catatan Catatan (kualitas), benih (asal) dan bebet (pangkat), berkaitan dengan garis keturunan laki-laki.
Subhan menambahkan bahwa Sabda Raja pada 30 April yang menjatuhkan gelar “Khalifatullah Raja” akan mendapat kritik, terutama dari komunitas Muslim, karena istana juga memainkan peran penting dalam penjangkauan agama Islam, atau dakwah.
Karena itu, kata dia, selain sebagai regulator, sultan adalah pemimpin agama atau imam rakyat.
“Pendeta harus laki-laki,” kata Subhan.
Mataram Nahdliyin masyarakat juga

Adegan nasional: enam nelayan ditangkap di Malaysia (teks 7)

Kekuatan Malaysia telah memenjarakan enam pemancing dari Brandan Barat, Langkat, Sumatera Utara, di Pulau Langkawi.
“Enam pemancing Langkat yang umum ditangkap dan diterima di Langkawi, Malaysia,” kata Tajruddin Hasibuan, Direktur Eksekutif Kantor Asosiasi Nelayan Tradisional Indonesia (KNTI) Sumut, dikutip Antara.
Foto-foto tersebut diambil saat para pemancing pulang dari perjalanan tiga hari. Tajruddin mengatakan polisi laut Malaysia menangkap para pemancing pada 9 Mei. Para pemancing tersebut dikenal sebagai Abdul Rais, Daiman, Zailani, M. Zais, Radit dan Hery. Hasibuan mendorong pemerintah untuk memecat enam pemancing.

terjemahan bahasa indonesia:

Berita Nasional: Enam nelayan

Ditangkap di Malaysia

Pihak berwenang Malaysia telah menangkap enam nelayan dari Barat Brandan, Langkat, Sumatera Utara, di Pulau Langkawi.
“Enam nelayan tradisional Langkat ditangkap dan ditahan di Langkawi, Malaysia,” kata Tajruddin Hasibuan, Ketua KNTI Sumut, dikutip Antara.
Penangkapan itu terjadi saat nelayan itu pulang dari perjalanan tiga hari. Tajruddin mengatakan polisi maritim Malaysia menangkap para nelayan pada 9 Mei. Para nelayan tersebut diidentifikasi sebagai Abdul Rais, Daiman, Zailani, M. Zais, Radit, dan Hery. Hasibuan meminta pemerintah membantu pembebasan enam nelayan tersebut.

Demikianlah 7 contoh pesan teks pendek terbaru dan artinya. Bagi sobat SBI silahkan belajar menulis teks pesan berdasarkan penjelasan dan contoh yang telah admin berikan masing-masing. Terimakasih banyak.

Sumber :