Makin Aman, Zoom Phone Kini Punya Enkripsi End-to-end

Makin Aman, Zoom Phone Kini Punya Enkripsi End-to-end

Di tengah pandemi Covid-19 yang mengamuk sekitar dua tahun lalu, Zoom menjadi platform yang berguna di tengah banyaknya program untuk membatasi pergerakan orang. Sayangnya, meskipun Zoom sangat populer sebagai platform konferensi video gratis dan mudah, itu tidak aman.

Zoom pertama kali diketahui memiliki masalah yang dikenal sebagai Zoom Bombing. Karena tidak ada enkripsi ujung ke ujung atau ujung ke ujung, Zoom rentan menyusup ke pengguna lain yang memiliki kode atau kata sandi dan dengan demikian mendatangkan malapetaka di tengah konferensi video.

Zoom terus berbenah dan perlahan mulai memperhatikan aspek keamanan. Zoom baru-baru ini merilis pembaruan privasi dan keamanan untuk layanan Zoom Phone-nya, yang meluas dari ujung ke ujung ke lebih banyak layanannya.

Setelah rapat Zoom, pengguna Zoom Phone dapat mengaktifkan fitur keamanan end-to-end selama panggilan. Saat diaktifkan, enkripsi ujung ke ujung memastikan panggilan aman dengan kunci kriptografik yang hanya dapat diakses oleh perangkat pemanggil dan penerima dan hanya pengguna yang dituju yang dapat berpartisipasi.

Saat ini, dimungkinkan untuk mengaktifkan enkripsi ujung ke ujung pada Zoom Phone hanya untuk panggilan antar pengguna dari akun Zoom perusahaan yang sama. Anda harus berada di desktop atau aplikasi seluler Zoom Phone dengan perekaman panggilan otomatis dimatikan.

Pemilik akun atau administrator harus mengaktifkan enkripsi ujung ke ujung melalui portal web sebelum pengguna mereka dapat mengaktifkannya selama panggilan.

Selain itu, enkripsi ujung ke ujung akan segera tersedia di ruang kerja grup dan diskusi kecil yang terpisah dari rapat grup. Setiap ruang kerja grup dapat memiliki kunci enkripsinya sendiri. Sekali lagi, pemilik akun atau administrator harus mengaktifkan enkripsi ujung ke ujung untuk penggunanya.

Seperti disebutkan di atas, Zoom mulai menerapkan enkripsi ujung ke ujung untuk rapat pada Oktober 2020, beberapa bulan setelah perusahaan lepas landas di tengah pandemi Covid-19 dan tren pengeboman zoom, tamu bisa saja terjadi. tidak diinginkan yang tiba-tiba tiba di konferensi video zoom.

Zoom awalnya berencana untuk membatasi enkripsi ujung ke ujung ke akun berbayar, tetapi akhirnya mengalah setelah protes dan permintaan dari pengguna, akhirnya menawarkannya kepada semua orang secara gratis.

Sumber: