Kapan pajak pendidikan terutang?

Kapan pajak pendidikan terutang?

Pemerintah berencana mengenakan tarif PPN 7 persen untuk layanan pendidikan, termasuk sekolah, dalam Peraturan Umum dan RUU Tata Cara Perpajakan (RUU KUP).

Kapan-pajak-pendidikan-terutang

Staf Khusus Menteri Keuangan Bidang Komunikasi Strategis Yustinus Prastovo

mengatakan pemerintah saat ini masih fokus memerangi pandemi dan memulihkan perekonomian.

“Saat ini kita tidak lagi membahas kenaikan pajak, apalagi manfaat pendidikan pajak, UU SRC saat ini sedang dibahas dengan FREP, tetapi fokusnya adalah mempersiapkan landasan pendidikan yang lebih adil dan mempersiapkan implementasinya untuk implementasi setelah pandemi,” ujar Yustinus di B-Talk Kompas tv, Selasa (7 September 2021).

Baca juga: Faisal Basri Tolak Pajak Pendidikan

Ia juga menyampaikan, pemerintah saat ini lebih fokus pada peningkatan anggaran pendidikan

, termasuk infrastruktur, dukungan pos, pinjaman dan lain-lain, agar kegiatan belajar mengajar tetap dapat dilakukan dengan baik selama pandemi Covid-19.

Yustinus menegaskan, pemerintah memastikan wacana pemberlakuan pajak pendidikan masih jauh dan sangat memperhatikan kontribusi banyak pihak, dan kelompok sasaran akan sangat terfokus dan terbatas.

“Lebih penting lagi, kami tidak fokus pada pemungutan pajak, tetapi pada masalah administrasi dan mendorong lembaga pendidikan untuk patuh atau berkomitmen pada lembaga pendidikan nirlaba,” katanya.

Dapatkan informasi, inspirasi, dan wawasan di email Anda.
email pendaftaran

Baca juga: PPN Pendidikan, Kesehatan, Asuransi, Ini Di Luar Akal Sehat…

Selain itu, kata Yustinus, dalam penerapan pajak pendidikan dalam UU KKR ini

, pemerintah tidak bermaksud mengenakan pajak pendidikan, tetapi ingin menerapkan keadilan. Jika ada layanan pendidikan yang tidak menegaskan misi nirlaba, itu akan dipromosikan.

Dia mencontohkan, jika ada lembaga pendidikan yang mendukung beasiswa bagi siswa kurang mampu dan juga memberikan subsidi silang untuk pendidikan di daerah tertinggal, mereka akan didanai dan bebas pajak.

“Saat ini sedang dibahas,” pungkasnya.

 

LIHAT JUGA :

greenlifestyle.or.id
kopertis2.or.id
rsddrsoebandi.id
ktb-mitsubishimotors.co.id
topijelajah.com
mesinmilenial.com