10 Tips agar iPhone Tidak Boros Baterai

10 Tips agar iPhone Tidak Boros Baterai

Tips hemat baterai iPhone agar tahan lama

10 Tips agar iPhone Tidak Boros Baterai

iPhone selalu meningkatkan daya tahan baterai di setiap produknya. Tentunya jika Anda pengguna iPhone, Anda harus tahu cara menghemat baterai agar tahan lama. Selain itu, bagi Anda yang rela mengeluarkan budget untuk membayar harga iPhone yang cukup tinggi, tentunya tidak ingin daya baterainya cepat habis di kemudian hari.

Namun, tips berikut ini kompatibel dengan iOS 10 di iPhone, baik itu iPhone 7, iPhone 6, iPhone 5, atau iPad. Selain itu, sebagian besar tips juga berfungsi di iOS 7, 8 dan 9. Tentunya ini menjadi informasi penting bagi Anda yang sering menghadapi masalah baterai terkuras di momen-momen penting. Berikut beberapa tips menghemat baterai iPhone agar tidak cepat habis.
Aplikasi tidak perlu dihentikan

Biasanya, pengguna iPhone segera keluar dari aplikasi saat tidak digunakan. Karena sebenarnya aplikasi yang dihentikan tidak menyedot baterai dari background. Namun ternyata cara ini kurang tepat, karena RAM dibebaskan saat aplikasi dihentikan. Sehingga nantinya ketika Anda membuka kembali aplikasi tersebut, iPhone harus melakukan reload memory.

Sebenarnya menghentikan atau menutup aplikasi tidak akan memengaruhi masa pakai baterai. Oleh karena itu, Anda tidak perlu repot menghentikan aplikasi saat sedang tidak digunakan.
Hapus aplikasi yang menguras baterai

Kamu bisa cek daftar aplikasi yang boros baterai di menu penggunaan baterai, ini berlaku untuk iOS 10, 9 dan 8. Caranya buka Settings, lalu General, lalu Battery dan scroll ke bawah untuk mengetahui aplikasi mana yang paling banyak. menguras baterai selama masa pakai iPhone.

Anda juga bisa menghapus aplikasi yang sudah tidak terpakai dan tidak terlalu penting fungsinya. Atau Anda sedang mencari aplikasi dengan fungsi yang sama namun konsumsi baterai lebih hemat. Mengingat harga iPhone ini tidak murah, jangan abaikan kehati-hatian saat mengoperasikannya, termasuk jenis aplikasi prioritas yang digunakan.
Hapus aplikasi Facebook

Salah satu aplikasi yang sangat boros baterai adalah Facebook. Sudah diketahui bahwa Facebook adalah aplikasi intensif baterai terkenal untuk iOS dan Android. Facebook sendiri telah mengakui bahwa aplikasi mereka di iOS memakan banyak sumber daya di latar belakang.

Jika Anda menghapus aplikasi Facebook, bisa menghemat baterai iPhone hingga 15 persen. Namun jangan khawatir, Anda tetap bisa mengakses aplikasi ini dari browser Safari.
Nonaktifkan AirDrop

AirDrop adalah fitur iPhone yang membutuhkan koneksi Bluetooth dan berfungsi untuk mentransfer file ke iPhone terdekat, dengan fitur AirDrop juga aktif. Fitur yang satu ini boros dalam penggunaan baterai. Jadi pastikan Anda mematikan fitur AirDrop dan hanya menyalakannya saat Anda membutuhkannya.
Nonaktifkan sorotan

Lihat juga
4 Kebiasaan Ini Penyebab Windows Lambat. Jangan lakukan lagi!
Dalam tutorialnya

Spotlight yang dibangun ke dalam sistem iOS terus bekerja untuk mengindeks data sehingga Anda dapat dengan mudah mendapatkan apa yang Anda inginkan.

Namun, fitur sorotan ini juga bisa membuat baterai lebih boros. Jika Anda ingin menghemat baterai, Anda dapat menonaktifkannya di bawah Pengaturan – Umum dan kemudian Pencarian Spotlight. Anda dapat menonaktifkan beberapa atau semua kategori yang ada.

Berikut beberapa tips agar baterai iPhone Anda lebih awet dan tidak cepat habis. Konsumsi baterai memang menjadi salah satu hal penting yang harus diperhatikan. Namun, jika Anda merasa performa iPhone Anda menurun dan ingin membeli yang baru, Anda bisa membelinya di layanan e-commerce seperti Bukalapak yang menawarkan berbagai jenis iPhone sehingga Anda bisa memilih sesuai kebutuhan.

Sumber :