Fungsi Sinergi dan Penerapannya dalam Bisnis

Fungsi Sinergi dan Penerapannya dalam Bisnis

Pengertian sinergi dan penerapannya dalam bisnis

Fungsi Sinergi dan Penerapannya dalam Bisnis

Di era kolaborasi, sinergi menjadi topik pembahasan yang relevan, terutama bagi perusahaan.

Bersinergi dan berkolaborasi diprediksi menjadi strategi jitu dalam dunia bisnis ke depan.

Lalu apa itu sinergi dan bagaimana implementasinya? Berikut penjelasannya.

Apa itu sinergi?

Sinergi adalah konsep dua pihak yang bekerja sama untuk mencapai lebih banyak kekuatan atau keuntungan daripada bekerja secara terpisah.

Kombinasi sumber daya dan teknologi meningkatkan produktivitas dan kinerja.

Peserta dapat berupa individu, departemen atau perusahaan.
Sinergi adalah Sumber: Sinergi (wallstreetmojo.com)

Intinya, sinergi tidak sesederhana 1+1 sama dengan 2, tetapi karena sinergi 1+1 maka hasilnya lebih besar dari 2.

Dalam bisnis, merger dan akuisisi adalah contoh penerapannya.

Istilah penting❗

Merger: Dua perusahaan bergabung untuk membentuk organisasi baru.
Akuisisi: Sebuah perusahaan mengambil alih perusahaan lain.

Jenis sinergi dalam bisnis

Berdasarkan penerapannya, jenis sinergi dalam bisnis dibagi menjadi tiga, yaitu:
1. Biaya Operasi

Dua perusahaan telah bergabung menjadi organisasi baru untuk mengurangi dan menghemat biaya operasional.

Misalnya, perusahaan A dan B bekerja sama.

Perusahaan A dapat menggunakan peralatan Perusahaan B tanpa memilikinya, sehingga menghemat biaya produksi lebih lanjut.
adalah sinergi
2. Pendapatan

Selain itu, sinergi pendapatan muncul ketika dua perusahaan bergabung untuk mencapai peningkatan pendapatan bersama.

Dalam hal ini, cross-selling antara kedua perusahaan biasanya dilakukan untuk mengoptimalkan penjualan bersama.

Cross-Sell: Meyakinkan pelanggan untuk membeli produk lain yang berhubungan dengan pembelian utama.

3. Keuangan

Ketika dua perusahaan bergabung dengan tujuan memperkuat sisi keuangan.

Sinergi keuangan menambah nilai organisasi gabungan dengan manfaat seperti: pendapatan yang lebih tinggi, modal yang lebih rendah dan arus kas yang lebih baik.
Contoh keberhasilan sinergi dalam perekonomian

Selain merger dan akuisisi, sinergi bisnis juga dapat dilakukan dalam bentuk product supplement, perluasan geografis, franchising, dan lain-lain.

Ada banyak contoh kesuksesan di seluruh dunia, seperti akuisisi Gillette oleh P&G pada tahun 2005.

Pada saat itu, mereka adalah pemimpin di industri ini. Setelah merger, keduanya semakin kuat hingga sekarang.

Microsoft dan IBM juga merupakan contoh kerjasama yang sukses.

Selama bersinergi, keduanya telah menelurkan berbagai jenis inovasi teknologi mulai dari cloud, AI, dan cybersecurity.

Jika Anda penggemar film animasi, Anda pasti tahu film Cars yang booming di tahun 2006.

Itu adalah salah satu kesuksesan awal Disney-Pixar setelah Disney mengakuisisi Pixar pada Januari 2006.
Apakah Business Synergy pasti berhasil?

no Terkadang proses ini juga menghasilkan output negatif.

Hasil yang baik hanya dapat dicapai bila kedua belah pihak bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama.

Namun, ego perusahaan mana pun dapat merusak kolaborasi.

Akibatnya, perusahaan gabungan akan terus berjuang karena berbagai alasan. Salah satunya adalah budaya perusahaan yang tidak berjalan beriringan.
Kesimpulan

Singkatnya, sinergi adalah bersatunya dua orang atau organisasi untuk saling melengkapi menuju tujuan yang sama. Dalam aplikasi bisnis, upaya ini dapat menghasilkan pertumbuhan yang signifikan bagi kedua belah pihak atau sebaliknya.

Sumber :