Ekonomi industri: definisi, tujuan, jenis, elemen, ruang lingkup

Ekonomi industri: definisi, tujuan, jenis, elemen, ruang lingkup

Definisi ekonomi industri
Buka baca cepat

Ekonomi industri adalah ilmu ekonomi yang mengkaji aspek ekonomi industri yaitu aspek pasar dan korporasi. Ekonomi industri bertujuan untuk menjelaskan jalur pembangunan di bidang ekonomi. Ilmu ekonomi industri termasuk dalam cabang ilmu ekonomi mikro yang mempelajari hubungan antara struktur industri, perilaku industri, dan kinerja industri. Dalam ilmu ekonomi industri, menggambarkan struktur pasar dan perusahaan dalam suatu industri untuk mendapatkan pangsa pasar dan mengalahkan pesaingnya.
Jurusan Ekonomi Industri

Ekonomi-industri-definisi-tujuan-jenis-elemen-ruang-lingkup

Berikut adalah rincian ekonomi industri, yaitu:

Dari perspektif mikro, ekonomi industri adalah kumpulan perusahaan yang memproduksi barang-barang yang homogen dan bersubstitusi dekat (Hasibuan).
Dari sisi makro ekonomi, ekonomi industri merupakan sumber pendapatan dan dapat menciptakan nilai tambah yang lebih besar. Ada dua pendekatan dalam ilmu ekonomi industri, yaitu:

Pendekatan empiris: Real / fakta yang terjadi di lokasi
Pendekatan teoretis:

Beberapa alasan kami mempelajari ekonomi industri:

Masalah pasar semakin terfokus pada bisnis
Akan ada persaingan dengan konsentrasi
Konsentrasi tinggi membawa kemakmuran dan distribusi upaya yang tidak adil
Ada solusi untuk masalah ekonomi dan intervensi pemerintah

Baca lebih lanjut: Perzinahan adalah
Tujuan mempelajari ekonomi industri

Berikut adalah tujuan dari kajian ilmu ekonomi industri, diantaranya:

Dengan mempelajari ekonomi industri, kita menjadi sadar akan praktik struktur pasar yang semakin terfokus pada kegiatan bisnis dan sudah dikenal sejak lama, dan dapat kita terapkan pada bisnis kita.
Dapat mencoba meningkatkan pangsa pasar
Ketahui cara mengurangi persaingan antar perusahaan, yang kemudian mengarah pada perilaku yang kurang efisien (melalui pembatasan masuk pasar)
Dapat mengidentifikasi peluang untuk memajukan ekonomi industri yang sedang dijalankan, meliputi distribusi pendapatan, peluang kerja, dan peluang usaha.
Dapat mengetahui suatu kajian tentang struktur pasar, perilaku dan kinerja industri tidak lepas dari masalah apa yang diproduksi, bagaimana dan untuk siapa barang tersebut diproduksi.

Jenis ekonomi industri

Di bawah ini adalah beberapa jenis negara maju diantaranya:
1. Ekonomi industri berbasis bahan baku

Industri ekstraktif adalah kegiatan ekonomi industri yang bahan bakunya diambil langsung dari lingkungan alam. Contoh: pertanian dan perkebunan, kehutanan, perikanan, peternakan, pertambangan dan lain-lain.
Industri non ekstraktif adalah suatu bentuk kegiatan ekonomi industri yang mengekstraksi bahan baku dari tempat selain lingkungan alam.
Industri fasilitasi adalah kegiatan ekonomi industri yang produk utamanya berupa jasa yang dijual kepada konsumen. Contoh: asuransi, perbankan, transportasi, ekspedisi dan lain sebagainya.

2. Ekonomi industri berdasarkan produktivitas individu

Industri primer adalah kegiatan ekonomi industri yang hasil produksinya tidak diolah secara langsung atau tanpa diolah terlebih dahulu. Contohnya adalah hasil pertanian, peternakan, perkebunan, perikanan dan lain sebagainya.
Industri sekunder adalah kegiatan ekonomi industri yang bahan bakunya diolah menjadi barang untuk diolah kembali. Misalnya, pemintalan benang sutra, komponen elektronik, dan sebagainya.
Industri tersier adalah kegiatan ekonomi industri dimana produk atau barang ditawarkan dalam bentuk jasa. Contohnya seperti telekomunikasi, transportasi, perawatan kesehatan dan banyak lagi

Elemen ekonomi industri

Berikut ini adalah elemen-elemen ekonomi industri
Baca lebih lanjut: Apakah Disosiatif

Topik: perilaku perusahaan dalam suatu industri.
Belajar: langkah-langkah yang akan diambil perusahaan terhadap pesaingnya dan konsumennya: harga, periklanan atau promosi, dan penelitian dan pengembangan (R&D).
Menganalisis hubungan antara struktur pasar dan perilaku perusahaan dalam menentukan kinerja perusahaan
Perbedaan teori ekonomi mikro:
Fokus utama analisis mikroekonomi umumnya pada struktur pasar sederhana – persaingan dan monopoli. Sementara itu, ilmu ekonomi industri membahas tentang penerapan penting pasar oligopoli
Pada dasarnya ekonomi industri sangat memperhatikan masalah kebijakan pemerintah vis-à-vis dunia usaha (undang-undang antitrust, regulasi, perizinan.

 

LIHAT JUGA :

https://bengkelharga.com/
https://hon.co.id/
https://belinda-carlisle.com/
https://dunebuggyforsale.org/
https://synthesisters.com/
https://ekonomija.org/
https://intergalactictravelbureau.com/
https://mlwcards.com/
https://poekickstarter.com/
https://profilesinterror.com/